Essays24.com - Term Papers and Free Essays
Search

Handleman Company Case

Essay by   •  September 29, 2016  •  Business Plan  •  476 Words (2 Pages)  •  434 Views

Essay Preview: Handleman Company Case

Report this essay
Page 1 of 2

HANDLEMAN COMPANY CASE

INNOVATION PROCESS

Inovasi yang sukses akan mendorong pertumbuhan dan loyalitas pelanggan, serta peningkatan profit margin. Tanpa inovasi, suatu produk akan sangat mudah untuk ditiru dan pada akhirnya hanya akan menjadi komoditas umum.

A. Proses Inovasi

Dalam mengelola inovasi terdapat 4 proses penting yaitu :

  1. Identifikasi peluang untuk produk dan layanan baru
  2. Mengelola portofolio pengembangan dan riset
  3. Mendesain dan mengembangkan produk dan layanan baru
  4. Mengenalkan produk dan layanan baru ke pasar

B. Mengidentifikasi Peluang

Organisasi riset dan pengembangan mendasarkan ide berpikir berdasarkan pada kemampuan dan pemahaman yang terakumulasi dari produk terdahulu dan proses inovasi. Tetapi suatu organisasi tidak harus fokus untuk mencari ide-ide baru. Ide baru didapatkan tidak hanya dari internal resources, tetapi juga dari luar seperti laboratorium, universitas, supplier dan juga konsumen.

Beberapa tujuan dan pengukuran dari ide dan peluang dalam proses inovasi adalah :

Identifikasi Peluang

Pengukuran

Mengantisipasi kebutuhan konsumen di masa mendatang

  • Menyisihkan waktu untuk konsumen yang utama mengenai kebutuhan di masa mendatang
  • Jumlah atau persentase project yang telah dilaksanakan berdasarkan masukan dari konsumen

Mencari dan mengembangkan produk atau layanan baru yang lebih efektif atau lebih aman

  • Jumlah atau persentase project atau konsep yang dipresentasikan atau dikembangkan
  • Jumlah layanan dengan nilai tambah baru yang teridentifikasi

C. Mengelola Portofolio Pengembangan dan Riset

Setelah alternatif produk atau layanan baru tersebut diajukan, manager harus memutuskan cara bagaimana project tersebut akan didanai, mana yang harus ditunda, dan mana yang tidak akan dilanjutkan. Bahkan setelah disetujui pun para manager harus tetap melakukan review terhadap project tersebut, bisa jadi dalam perjalanannya project tersebut akan dihentikan apabila dianggap tidak progres dan ada project lain yang lebih menguntungkan bagi organisasi.

Potofolio riset dan pengembangan harus berisi dari bermacam-macam tipe project yang berbeda dengan kategorisasi sebagai berikut :

  1. Riset dasar dan project pengembangan tingkat lanjut menciptakan pengetahuan untuk dapat diaplikasikan dalam project komersil. Contoh: perusahaan automotive membuat riset untuk menggantikan bahan bakar minyak pada produk buatannya dengan alternatif energi lain.
  2. Terobosan proyek pengembangan dapat menciptakan produk yang sama sekali baru. Ex: memproduksi hybrid car yang dapat dijalankan menggunakan bahan bakar dan baterai.
  3. Platform project pengembangan membantu untuk menghasilkan generasi yang baru dari line produk yang sudah ada saat ini yang akan dikembangkan untuk berapa tahun mendatang. Ex: membuat platform produk hybrid untuk dikembangkan dalam beberapa tahun kedepan.
  4. Turunan dari project pengembangan dapat meningkatkan fitur-fitur khusus untuk target pasar yang spesifik. Ex: mengembangkan produk hybrid dalam beberapa tipe yaitu sedan, coupe dan convertible.
  5. Project kerjasama memungkinkan organisasi untuk mendapatkan produk maupun proses baru dari perusahaan lain baik menggunakan sistem lisensi maupun sub-kontrak. Ex: organisasi tidak memiliki resources yang cukup untuk memproduksi hybrid car, sehingga bekerjasama dengan organisasi lain seperti Porsche.

Tipikal pengukuran dan tujuan dalam proses pengelolaan portofolio riset dan pengembangan dapat dijabarkan sebagao berikut :

Sasaran Portofolio R&D

Pengukuran

Mengelola secara aktif portofolio produk/penawaran untuk inovasi dan penawaran pelanggan yang kuat, performa dan profitability

  • Perbandingan aktual dengan project yang diharapkan

D. Mendesain dan mengembangkan produk dan layanan baru

E. Mengenalkan produk dan layanan baru ke pasar

...

...

Download as:   txt (3.8 Kb)   pdf (58.3 Kb)   docx (10.3 Kb)  
Continue for 1 more page »
Only available on Essays24.com
Citation Generator

(2016, 09). Handleman Company Case. Essays24.com. Retrieved 09, 2016, from https://www.essays24.com/essay/Handleman-Company-Case/70776.html

"Handleman Company Case" Essays24.com. 09 2016. 2016. 09 2016 <https://www.essays24.com/essay/Handleman-Company-Case/70776.html>.

"Handleman Company Case." Essays24.com. Essays24.com, 09 2016. Web. 09 2016. <https://www.essays24.com/essay/Handleman-Company-Case/70776.html>.

"Handleman Company Case." Essays24.com. 09, 2016. Accessed 09, 2016. https://www.essays24.com/essay/Handleman-Company-Case/70776.html.