Essays24.com - Term Papers and Free Essays
Search

Pengalaman Belajar Di Perguruan Tinggi (indonesian)

Essay by   •  July 31, 2016  •  Exam  •  2,480 Words (10 Pages)  •  877 Views

Essay Preview: Pengalaman Belajar Di Perguruan Tinggi (indonesian)

Report this essay
Page 1 of 10

PENGALAMAN BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI

[pic 1]

Claudia Rachel Tan

232014139

Universitas Kristen Satya Wacana

2016

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan karunia dan rahmatnya saya dapat menyelesaikan makalah mengenai Pengalaman Belajar di Perguruan Tinggi dengan baik dan tepat waktu.

Saya sangat berharap makalah ini akan bermanfaat dalam rangka menambah pengetahuan, memberikan contoh Pengalaman Belajar di Perguruan Tinggi dan juga menambah wawasan kita menyangkut makna dari belajar di perguruan tinggi tersebut. Saya pun menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, saya mengharapkan adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang sudah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.

       Mudah-mudahan makalah sederhana ini bisa dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang sudah disusun ini dapat bermanfaat bagi saya sendiri ataupun orang yang membacanya. Sebelumnya saya mohon maaf jika terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan saya memohon kritik dan saran yang membangun dari Anda demi perbaikan makalah ini di saat yang akan datang.

Salatiga, 5 Juni 2016

Penyusun

1

DAFTAR ISI

Kata Pengantar                                   ...................................................                1

Daftar Isi                                          ..................................................                2

Bab 1 Pendahuluan

1.1 Latar Belakang                                   ..................................................                3

1.2 Rumusan Masalah                           ..................................................                4

1.3 Tujuan                                           ...................................................                4

Bab 2 Isi Makalah

2.1 Belajar                                          ....................................................                5

2.2 Perguruan Tinggi dan Sekolah Menengah ...................................................                5-6

2.3 Problematika di Perguruan Tinggi           ...................................................                6

2.4 Strategi belajar Efektif                           ...................................................                6-7

2.5 Sikap Solidaritas Mahasiswa                  ...................................................                7

Bab 3 Penutup

3.1 Kesimpulan                                   ...................................................                8

3.2 Saran                                           ...................................................                8

Daftar Pustaka                                   ...................................................                9

2

BAB 1

PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG

Mendengar kata ‘belajar’ ,  tentulah sangat tidak asing lagi. Belajar adalah suatu kegiatan yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan kegiatan individual dan hak setiap orang. Secara umum kegiatan belajar adalah suatu proses kegiatan dari tidak tahu, tidak mengerti, tidak bisa menjadi tahu, mengerti dan bisa secara optimal.

Perguruan tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah mencakup program pendidikan diploma, sarjana, magister, spesialis, dan doktor yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Belajar di perguruan tinggi menjadi suatu pilihan di antara berbagai alternatif strategik untuk mencapai tujuan individual. Belajar di kursi Perguruan Tinggi banyak berbeda dengan belajar di bangku sekolah  menengah.  Dilihat  dari  seluruh  sistem,  banyak  perbedaan  antara Perguruan Tinggi dan sekolah demikian pula lingkungan kampus tidak lagi seperti  lingkungan  sekolah.  Dalam  kegiatan  akademik,  perlakuan  terhadap mahasiswa berbeda dengan yang diterima siswa. Cara dosen memberikan kuliah kepada mahasiswa umumnya tidak sama dengan cara guru menjelaskan pelajaranbagi siswa. peranan dan kesungguhan mahasiswa sangat menentukan pencapaian hasil belajar yang diharapkan. Belajar di Perguruan Tinggi bagimahasiswa bukan sekedar menerima materi yang diberikan tenaga pengajar,tetapi justru  mampu  menganalisa,  mengembangkan  dan mengimplementasikannya  kembali  melalui  suatu rangkaian  kegiatan  belajar dengan ketentuan sistem kredit semester di Perguruan Tinggi.

Dalam proses belajar diperkuliahan, kehidupan sosial akan terasa sangat berbeda, karena dalam prosesnya terjadi interaksi yang lebih rumit dibandingkan di masa sebelum perkuliahan. Proses sosial yang akan digali adalah proses yang terjadi di kehidupan mahasiswa.  Hal ini dikarenakan, individu – individu yang menghuni dikampus sangat beragam, mulai dari daerah tempat asal mereka, dari beragam profesi, dan dari berbagai macam suku, ras dan agama.

Namun tidak dapat dipungkiri, belajar di  Perguruan Tinggi bukan berartitanpa masalah. Saat belajar di Perguruan Tinggi mahasiswa akan menghadapi berbagai ragam hambatan atau masalah belajar, yang muncul dari dalam dirinyasendiri, maupun dari luar dirinya.

3

  1. RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan uraian di atas dapat dirumuskan masalah seperti berikut

  1. Apa defini belajar dan tujuan individual seseorang memasuki perguruan tinggi ?
  2. Apa perbedaan perguruan tinggi dan sekolah menengah?
  3. Apa saja masalah yang dialami mahasiswa selama belajar di perguruan tinggi?
  4. Bagaimana strategi belajar yang efektif di perguruan tinggi ?
  5. Bagaimana kehidupan sosial di perguruan tinggi?

        Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah :

             1. Membantu siswa memahami tujuan dan makna dari belajar di perguruan tinggi

             2. Membantu mahasiswa memahami strategi belajar yang efektif di perguruan tinggi

        3. Meningkatkan rasa sosialisasi di perguruan tinggi

        4. Mengenal permasalahan yang dialami mahasiswa di perguruan tingi

4

BAB 2

ISI MAKALAH

2.1        BELAJAR

Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya.

...

...

Download as:   txt (14.5 Kb)   pdf (205.5 Kb)   docx (37.5 Kb)  
Continue for 9 more pages »
Only available on Essays24.com