Essays24.com - Term Papers and Free Essays
Search

Jack Wealch

Essay by   •  November 3, 2010  •  1,464 Words (6 Pages)  •  1,725 Views

Essay Preview: Jack Wealch

Report this essay
Page 1 of 6

Jack Welch (CEO of GE)

John F. Welch, Jr yang kemudian dikenal dengan nama Jack Welch lahir pada tanggal 19 November 1935 di Peabody, Massachusetts, dari keluarga buruh Katolik dan dibesarkan di Salem. Ayahnya bernama John Welch ( bekerja sebagai seorang mandor pada pembangunan rel kreta api ) dan ibunya bernama Grace Andrews. Welch adalah seorang yang berkebangsaan Amerika.

Sebagai seorang anak dia menerima perhatian penuh dari orangtuanya secara khusus untuk hal-hal yang baik dan juga hal-hal yang terburuk. Dia dibesarkan dan belajar tentang dasar-dasar kehidupan dari lingkungannya di Salem, orang tuanya, teman-teman sepermainan sebagaimana anak muda lainnya.

Beruntung karena memiliki bakat sportnya sehingga sejak usia muda banyak pelajaran yang dia dapatkan dari lapangan permainan dan juga pelajaran melalui karirnya. Di dalam autobiografinya (di dalam buku yang dikarang oleh beliau "Jack: Straight from the Gut"), Welch menjelaskan suatu kejadian yang sangat dia kenang ketika tim hokinya mengalami kekalahan. Melampiaskan kekecewaan, Welch melemparkan stick hokinya dan mencibirkan bibirnya. Dengan segerea setelah itu ibu Welch mendatangi ruang ganti dan memberi pelajaran kepada Welch di depan timnya. " Jika kamu tidak tahu bagaimana untuk kalah maka kamu tidak akan pernah tahu bagaimana untuk menang. Jika kamu tidak mengetahui hal tersebut ,maka kamu tidak seharusnya main " (2001).

Setelah mendapatkan bachelor's degree dalam bidang Kimia (chemistry) dari University of Massachusetts-Amherst (1957) dan graduate degrees (1958) serta gelar PhD (1960) dari University of Illinois , Welch kembali ke Massachusetts untuk bekerja sebagai engineer di bidang pengambangan plastic GE. Welch dipanggil bekerja sebagai engineer di Pittsfield, Massachusetts, karena kecepatan dan gairahnya dalam bekerja. Dia mampu untuk mengeksplorasi limit dari teknologi material dengan perhatian dan dukungan yang seadanya dari managemen. Lab tempat dia bekerja begitu kecil dan sesak dengan barang-barang namun atmosfer yang bergairah (dari dalam dirinya) mendukung dia untuk berprestasi. Welch akan selalu mengingat suasana itu dan mencoba untuk menjaga level antusiasme yang sama selama karirnya.

Welch pernah berpikir untuk pindah dari GE karena dia kecewa dibayar/dinilai di bawah rata-rata sedangkan dia merasa sepantasnya dia menerima lebih dari itu ($10,500 ). Dia sudah mendapat tawaran dari perusahaan lain namun beberapa hari sebelum dia pindah seorang senior GE, Reuben Gutoff meyakinkan dia untuk tetap bertahan di GE. Keputusan dia untuk tetap bekerja di GE merupakan keputusan yang sangat tepat dan terbukti dengan pencapaian dia di perusahaan tersebut.

Ketika Welch bekerja sebagai karyawan GE pada usia 24 tahun dia menikahi seorang wanita cantik bernama Carolyn Osburn, 1959 (namun mereka bercerai pada tahun 1987), kemudian Welch menikah lagi dengan Jane Beasley (an attorney) dua tahun setelah perceraiannya yakni pada tahun 1989 ( namun bercerai lagi pada tahun 2002). Welch dianugrahi 4 orang anak dari pernikahannya yang pertama.

Secara singkat riwayat pekerjaan Welch adalah sebagai berikut :

1. General Electric Company, 1960-1968, engineer;

2. 1968-1971, vice president dan head of GE Plastics;

3. 1971-1973, vice president of Chemical and Metallurical Division;

4. 1973-1977, head of strategic planning; 1977-1979, senior vice president dan head of Consumer Products and Services Division;

5. 1979-1981, vice chairman;

6. 1981-2001, corporate chairman and CEO and chairman of National Broadcasting Corporation.

Jack Welch merupakan chief executive yang sangat terkenal dan kotroversial di Amerika. Selama 41 tahun karirnya di General Electric (GE), Welch meningkat dari posisi awal sebagai junior engineer (pemula) menjadi vise president termuda di GE dan kemudian menjadi CEO dan chairman termuda di perusahaan tersebut. Welch membawa GE kepada pasar internasional pada skala yang tidak pernah dicapai atau dipikirkan sebelumnya serta membuat perubahan besar dengan membuat GE tidak hanya berbisnis di bidang manufacturing tetapi juga di bidang jasa.

Jack Welch.

AP/Wide World Photos

Nilai pasar GE bertumbuh menjadi US $500 juta, dari tahun 1981 dan 2001. Pada akhir tahun 2001 Welch pensiun dan meninggalkan GE sebagai salah satu perusahaan yang sangat bernilai di muka bumi.

Penghargaan yang pernah diterima oleh Welch antara lain : Junior Achievement National Business Hall of Fame, 1997; Manager of the 20th Century, Fortune, 1999; 400 Richest Americans, Forbes, 2001-2004.

Welch mempunyai tulisan yang dipublikasikan berjudul "Jack: Straight from the Gut", 2001 dimana dia banyak bercerita tentang pengalaman-pengalamannya.

Ada beberapa keyakinan Welch yang mendapat pandangan negative dari orang-orang sekitarnya namun dia dapat mendemonstrasikan keyakinannya yang kokoh dan semangat baja,sebagai contoh :

- Ketika diam - diam tapi pasti Welch menerapkan serangkaian revolusi di GE, salah satunya adalah dengan melakukan restrukturisasi perusahaan yang sudah begitu besar, sekitar 10 % managernya di PHK dengan mendapatkan kompensasi yang baik. Bisnis yang tidak menguntungkan dijual meskipun sudah merupakan unit bisnis yang sangat lama bagi GE. Beliau menghapuskan administrasi dan birokrasi (dia sangat membenci birokrasi) yang tidak berguna yang dinilai menghambat kinerja perusahaan dan hanya menciptakan jarak antara karyawan dan managemen. Karena sepak terjangnya itu Welch mendapatkan julukan 'Neutron Jack' yang berarti bom yang sangat berbahaya yang siap untuk meledak suatu saat.

- Pada tahun 1986, Welch mengambil keputusan untuk membeli perusahaan jasa yang bernama RCA ( Radio Corporation of America) suatu jaringan televisi (pemilik NBC Television Network). Hal tersebut mendapat perlawanan dari dalam perusahaan sendiri dan juga dari pihak NBC. Mereka beranggapan bahwa perusahaan manufaktur yang mencoba membeli perusahaan jasa adalah suatu usaha yang sangat sia-sia dan tidak akan bias berhasil sebab Welch tidak memiliki keahlian dalam hal tersebut. Suatu jawaban singkat yang dilontarkan Welch adalah bahwa dia juga tidak bisa dan tidak berpengalaman untuk mambuat mesin jet tetapi kenyataannya berhasil. Hal yang dia yakini adalah bahwa dia cukup mencari dan menempatkan orang yang cocok dengan kemampuannya dan memberikan orang tersebut kebebasan untuk melakukan pekerjaannya dengan baik

- Program Work-out perusahaan, Welch menerapkan strateginya untuk memanfaatkan

...

...

Download as:   txt (10.7 Kb)   pdf (128.6 Kb)   docx (13.1 Kb)  
Continue for 5 more pages »
Only available on Essays24.com
Citation Generator

(2010, 11). Jack Wealch. Essays24.com. Retrieved 11, 2010, from https://www.essays24.com/essay/Jack-Wealch/7384.html

"Jack Wealch" Essays24.com. 11 2010. 2010. 11 2010 <https://www.essays24.com/essay/Jack-Wealch/7384.html>.

"Jack Wealch." Essays24.com. Essays24.com, 11 2010. Web. 11 2010. <https://www.essays24.com/essay/Jack-Wealch/7384.html>.

"Jack Wealch." Essays24.com. 11, 2010. Accessed 11, 2010. https://www.essays24.com/essay/Jack-Wealch/7384.html.