Essays24.com - Term Papers and Free Essays
Search

Analisis Determinan Pemanfaatan Teknologi Informasi

Essay by   •  November 17, 2010  •  1,464 Words (6 Pages)  •  2,464 Views

Essay Preview: Analisis Determinan Pemanfaatan Teknologi Informasi

Report this essay
Page 1 of 6

I. LATAR BELAKANG

Latar belakang penelitian ini adalah semakin meluasnya penggunaan teknologi informasi dalam berbagai organisasi terutama organisasi bisnis. Beberapa penelitian sebelumnya membuktikan bahwa implementasi teknologi informasi meningkatkan kinerja dan efisiensi organisasi.

Penelitian ini akan menguji kembali hubungan antara pemanfaatan teknologi informasi dengan kinerja individual dengan mengadopsi TAM (Technology Acceptance Model) yang menyatakan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dapat mempengaruhi kinerja (organisasi) terhadap kinerja karyawan bank di kota Makassar. Pengujian dengan menggunakan enam faktor determinan pemanfaatan teknologi informasi Fung Jin (2003) yaitu faktor sosial (social norm), afeksi (affect), kompleksitas (complexity), kesesuaian tugas (job fit), konsekuensi jangka panjang (long-term consequences), dan kondisi yang memfasilitasi, berdasarkan model konseptual yang telah dikembangkan dan diuji sebelumnya oleh Thompson et al. (1991).

II. TUJUAN PENELITIAN

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh determinan-determinan pemanfaatan teknologi informasi seperti faktor sosial (social norm), afeksi (affect), kompleksitas (complexity), kesesuaian tugas (job fit), konsekuensi jangka panjang (long-term consequences), dan kondisi yang memfasilitasi terhadap kinerja karyawan bank di Makassar.

III. DASAR TEORI

Beberapa teori yang melandasi penulisan ini diantaranya :

1. TAM (technology acceptance model) adalah salah satu model perilaku pemanfaatan teknologi informasi dalam literatur sistem informasi manajemen (Dishaw dan Strong, 1999). Model ini menyediakan dasar teori untuk menelusuri faktor yang menjelaskan pemakaian software dan menghubungkannya dengan kinerja pemakai. TAM berfokus pada sikap terhadap pemakaian teknologi informasi oleh pemakai dengan mengembangkannya berdasarkan persepsi manfaat dan kemudahan dalam pemakaian teknologi informasi. TAM merupakan satu di antara banyak model penelitian yang berpengaruh dalam studi determinan akseptasi teknologi informasi. TAM banyak digunakan untuk memprediksi tingkat akseptasi pemakai (user acceptance) dan pemakaian yang berdasarkan persepsi terhadap kemudahan penggunaan manfaat teknologi informasi. Implikasi akseptasi dapat dipelajari dengan menguji hubungan antara akseptasi teknologi informasi dan dampaknya kepada pemakai individual.

2. Investasi organisasi dalam teknologi informasi seringkali jumlahnya besar dan beresiko. Untuk membuat keputusan yang lebih informatif, maka pengembang sistem perlu memiliki pengalaman yang lebih baik mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan teknologi informasi tersebut (Jurnali, 2001).

3. Faktor-faktor yang dijadikan sebagai ukuran kepuasan pengguna sistem informasi berdasarkan dimensi-dimensi yang diungkapkan oleh Kettinger dan Lee (1994: 741), yaitu: sikap terhadap para departemen sistem informasi; tingkat pengetahuan dan keterlibatan pengguna; dan kualitas produk informasi.

4. Igbaria et al. (2000) melakukan penelitian terhadap motivasi penggunaan mikrokomputer oleh pegawai bank dengan memasukkan faktor-faktor persepsi manfaat, persepsi kesenangan, tekanan sosial, dan persepsi kemudahan dalam penggunaan mikrokomputer.

5. Penelitian oleh Jurnali (2001) memasukkan kesesuaian tugas-teknologi (job fit) sebagai faktor yang mempengaruhi pemanfaatan teknologi informasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara faktor kecocokan tugas-teknologi terhadap pemanfaatan teknologi maupun dengan kinerja, namun antara pemanfaatan teknologi dengan kinerja tidak memiliki pengaruh yang positif.

6. Penelitian oleh Fung Jin (2003) untuk memprediksi dampak kinerja yang ditimbulkan oleh pemanfaatan teknologi informasi pada akuntan publik dengan memasukkan enam faktor yang mempengaruhi pemanfaatan teknologi informasi yaitu faktor sosial (social norm), afeksi (affect), kompleksitas (complexity), kesesuaian tugas (job fit), konsekuensi jangka panjang (long-term consequences), dan kondisi yang memfasilitasi berdasarkan model yang diajukan oleh triandis (1980)

7. Fung Jin (2002) melakukan penelitian terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja sistem informasi akuntansi. Kinerja sebuah sistem informasi dapat diukur dari dua persepsi yaitu kepuasan pemakai atas pemakaian sistem informasi akuntansi yaitu kepastian dalam mengembangkan apa yang mereka perlukan dan pemakaian sistem itu sendiri yaitu banyaknya tingkat pemakaian dari sistem informasi

8. Davis et al. (1989) membandingkan model berdasarkan TRA (Theory of Reasoned Action) dengan TAM, dan menemukan hasil gabungan dari kedua model tersebut meskipun terdapat dukungan terhadap variabel persepsi pemanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan, dan hubungan yang positif dengan kemauan untuk menggunakan sistem.

9. Jurnali (2001) dan Fung Jin (2003) tidak berhasil membuktikan hubungan positif antara pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja individual. Hasil penelitian ini juga gagal mendukung TAM yang menyatakan pemanfaatan teknologi informasi dapat mempengaruhi kinerja. Kemungkinan tidak terdukungnya hubungan ini disebabkan karena: (1) data yang kurang baik, (2) perbedaan persepsi responden menjawab pertanyaan banyaknya paket program komputer yang dikuasai.

IV. HIPOTESIS

1. Hubungan Faktor Sosial - Pemanfaatan Teknologi Informasi

H1 = Terdapat hubungan positif antara faktor sosial dengan pemanfaatan teknologi informasi.

2. Hubungan Afeksi - Pemanfaatan Teknologi Informasi

H2 = Terdapat hubungan positif antara afeksi dengan pemanfaatan teknologi informasi.

3. Hubungan Kompleksitas - Pemanfaatan Teknologi Informasi

H3 = Terdapat hubungan negatif antara kompleksitas dengan pemanfaatan teknologi informasi.

4. Hubungan Kesesuaian Tugas - Pemanfaatan Teknologi Informasi

H4 = Terdapat hubungan positif antara kesesuaian tugas dengan pemanfaatan teknologi informasi.

5. Hubungan Konsekuensi Jangka Panjang - Pemanfaatan Teknologi Informasi

H5 = Terdapat hubungan positif antara konsekuensi jangka panjangdengan pemanfaatan teknologi informasi.

6. Hubungan Kondisi yang Memfasilitasi - Pemanfaatan Teknologi Informasi

H6 = Terdapat hubungan positif antara kondisi yang memfasilitasi penggunaan komputer dengan pemanfaatan

...

...

Download as:   txt (11.6 Kb)   pdf (138.5 Kb)   docx (13.2 Kb)  
Continue for 5 more pages »
Only available on Essays24.com
Citation Generator

(2010, 11). Analisis Determinan Pemanfaatan Teknologi Informasi . Essays24.com. Retrieved 11, 2010, from https://www.essays24.com/essay/Analisis-Determinan-Pemanfaatan-Teknologi-Informasi/12169.html

"Analisis Determinan Pemanfaatan Teknologi Informasi " Essays24.com. 11 2010. 2010. 11 2010 <https://www.essays24.com/essay/Analisis-Determinan-Pemanfaatan-Teknologi-Informasi/12169.html>.

"Analisis Determinan Pemanfaatan Teknologi Informasi ." Essays24.com. Essays24.com, 11 2010. Web. 11 2010. <https://www.essays24.com/essay/Analisis-Determinan-Pemanfaatan-Teknologi-Informasi/12169.html>.

"Analisis Determinan Pemanfaatan Teknologi Informasi ." Essays24.com. 11, 2010. Accessed 11, 2010. https://www.essays24.com/essay/Analisis-Determinan-Pemanfaatan-Teknologi-Informasi/12169.html.