Essays24.com - Term Papers and Free Essays
Search

J.Co Donuts & Coffee.

This essay J.Co Donuts & Coffee. is available for you on Essays24.com! Search Term Papers, College Essay Examples and Free Essays on Essays24.com - full papers database.

Autor:   •  March 18, 2011  •  2,871 Words (12 Pages)  •  2,634 Views

Page 1 of 12

BAB I

LATAR BELAKANG

Pada bagian Latar Belakang ini akan dijelaskan mengenai sejarah terbentuknya perusahaan dan profil dari perusahaan, serta produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

1.1 Sejarah dan Profil Perusahaan

PT. J.CO Donuts and Coffee didirikan oleh Johnny Andrean yang sebelumnya terkenal sebagai pengusaha salon yang sukses. Tak kurang dari 168 jaringan salon dan 41 sekolah salon dimilikinya, namun insting sang penata rambut kemudian membawanya terjun ke bisnis makanan. Sejak tahun 2003 ia aktif mengembangkan J.CO. J.CO adalah produk dalam negeri dengan menggunakan konsep dari luar negeri dan disempurnakan dengan modernisasi dan kualitas terbaik. J.CO ditujukan untuk menyerbu pasar asing.

Persiapan J.CO membutuhkan waktu yang lama. Selama 3 tahun Johnny Andrean dan timnya mempelajari bisnis donat, mengeksplorasi resepnya, serta melakukan riset pasar dan sampling. Johnny meluncurkan J.CO dengan konsep "apa yang disukainya dan hal ini bisa diterima masyarakat".

Pada 26 Juni 2005, J.CO mulai beroperasi pertama kali di Supermal Karawaci, Tangerang dan kemudian langsung membuka outlet sebanyak-banyaknya. Dalam waktu setahun, J.CO telah punya 16 buah gerai dengan 450-an orang karyawan untuk gerai saja. Tujuh gerai terdapat di Jakarta dan sisanya di Bandung, Surabaya, Makassar, dan Pekanbaru.

Dalam waktu dekat mereka akan buka di Palembang, Batam, Manado, Bogor, Medan, dan Bali, dan ada keinginan juga untuk go international pada tahun 2007 dengan pilihan lokasi di Australia, Hongkong, atau Singapura.

1.2 Produk Perusahaan

Sesuai dengan namanya, J.CO mempunyai produk makanan berupa donat dan produk minuman berupa kopi atau the

yang panas maupun dingin. Yang diunggulkan oleh J.CO adalah produk makanannya, yaitu donat. Saat ini J.CO telah meluncurkan beberapa varian rasa dari donat, yaitu :

 Al Caponne  Donat dengan kacang almond di atas permukaannya.

 Berry Shot  Donat dengan selai berry di permukaan tengahnya.

 Mango Blitz  Donat dengan selai mangga di permukaan tengahnya.

 Sugar Ice  Donat bertabur gula halus di seluruh permukaannya.

 Inkaya  Donat berlumur gula halus dengan selai srikaya di tengahnya.

 Cheese Me Up  Donat berlapiskan olesan keju di permukaannya.

 CocoLoco  Donat dengan selai coklat untuk permukaan maupun isinya.

 Candy Cane  Donat dengan selai vanilla dan olesan selai strawberry untuk penghias, sehingga permukaannya mirip motif tongkat permen.

 Glazzy  Donat berselimut gula bercampur madu.

 Why Nut  Donat dengan selai vanilla dan coklat pada permukaannya, dan isian selai kacang di dalamnya.

 Miss GreenT  Donat dengan dilapisi lapisan rasa the

hijau di permukaannya.

 CrunchyCrunchy  Donat dengan selai coklat dan coco crunch pada permukaannya.

 Cocoglaze  Donat dengan topping coklat berkilat.

 Jacky Chunk  Donat dengan topping coklat dan bertabur kacang.

 Kiss d cheese  Donat dengan topping selai keju. Rasanya tidak sepekat Cheese Me Up.

 Black Jack  Donat dengan lapisan coklat, dimana coklat pada Black Jack rasanya lebih pahit dan lebih kental daripada Coco Loco dan Cocoglaze

 Berry Blue  Donat dengan isian selai blueberry di tengahnya.

 Snow White  Donat tanpa lubang di tengah berselimutkan gula halus.

 Copa Banana  Donat dengan selai coklat pada permukaannya dan selai pisang pada tengahnya.

 Tira Miss U  Donat dengan topping rasa kue tiramisu yang terkenal.

Dari 20 varian yang dimiliki, glazzy donut atau donat berselimut gula bercampur madu merupakan donat yang menjadi unggulan dan laris dipesan konsumen (best seller).

BAB II

PERUMUSAN MASALAH

Di Indonesia, J.CO bukan satu-satunya pemain dalam pasar donat yang ditekuninya. Ada beberapa kompetitor lain yang kehadirannya patut diperhitungkan dengan serius. Dua kompetitor besar dalam pasar donat di Indonesia yang kemungkinan dapat "menjegal" langkah J.CO adalah Dunkin Donuts (DD), dan Krispy Kreme Doughnuts (KK).

Baik DD maupun KK adalah waralaba dari luar negeri (Amerika) yang telah mempunyai pengalaman bertahun-tahun di bidangnya, mempunyai banyak penggemar, dan telah mempunyai banyak outlet yang tersebar di berbagai negara. Sebagai pemain baru, strategi apakah yang harus dipakai J.CO untuk menghadapi dua kompetitor besar ini?

Dengan sekelumit pengantar di atas, maka dapat disimpulkan beberapa perumusan masalah yang nantinya akan dibahas dalam paper ini, perumusan masalah tersebut adalah :

 Sejarah, latar belakang, serta ekspansi KK dan DD sebagai dua kompetitor besar pasar donat di Indonesia.

 Bagaimana segmentasi pasar dan strategi operasi yang digunakan oleh KK dan DD dalam menjalankan bisnisnya di Indonesia sebagai salah satu waralaba internasional?

 Bagaimana strategi operasi dan penentuan segmentasi pasar J.CO sehingga J.CO optimis mampu bertahan dan menghadapi KK, DD, dan pesaing-pesaing baru yang mungkin akan terus bermunculan dalam persaingan bisnis donat?

 Bagaimanakah perbandingan harga, pelanggan, dan rasa dari produk J.CO, KK, dan DD sebagai tiga pemain besar pasar donat di Indonesia?

Keempat perumusan masalah tersebut di atas akan dibahas pada Bab III, Pembahasan di halaman selanjutnya.

BAB III

PEMBAHASAN

Pada bagian Pembahasan ini ini akan dijelaskan mengenai dua

...

Download as:   txt (21.4 Kb)   pdf (217.4 Kb)   docx (18.2 Kb)  
Continue for 11 more pages »